Browser Terbaik Untuk Linux, Mac, dan Windows Bukanlah Google Chrome


Beberapa bulan yang lalu, saya akhirnya meninggalkan Opera sebagai browser default saya di Linux. Itu adalah salesmanship bertekanan tinggi karena atribut Opera Workspaces adalah sesuatu yang menurut saya tidak bisa saya tinggalkan. Namun, banyak browser yang dipasang pada pembuat saya (terutama saat menggunakan Google Documents) adalah masalah yang terlalu besar untuk diabaikan. Saya akan bekerja bersama, mengurus organisasi saya sendiri, ketika semua Opera yang tidak terduga pasti akan membuat komputer desktop berhenti bekerja.

Efisiensi, namamu adalah kebocoran memori!

Kemudian, saya menggunakan 2 browser yang berbeda sebagai default saya, di Linux dan macOS, dan saya yakin Safari akan terus menjadi tujuan utama di sisi Mac. Namun kemudian saya melanjutkan menggunakan browser default di Linux dan, hari demi hari, lebih kagum dengan efisiensi dan kesederhanaannya. Dan setelah itu poin menyimpang menjadi lebih buruk di Safari. Seperti halnya Opera, ketika bekerja dengan makalah yang lebih panjang di Google Documents, Safari akan muncul peringatan yang mengklaim bahwa situs tersebut menggunakan terlalu banyak memori. Terlepas dari apa yang saya lakukan dengan Safari, perilaku itu tidak akan berhenti.


Akhirnya, 2 hari sebelumnya, saya meninggalkan Safari untuk menjadikan browser yang sama yang saya gunakan di Linux sebagai default di macOS. Ini adalah pilihan yang tidak saya sesali sejenak.

Itu tidak berarti saya menempatkan diri saya menggunakan hanya satu browser. Oh tidak. Apakah itu sangat sederhana. Anda lihat, masih ada situs web yang harus saya manfaatkan, karena faktor apa pun, dibuat dengan mempertimbangkan Chrome. Itu masalah. Mengapa? Karena kenyataan bahwa Chrome telah menjadi tidak stabil pada beberapa derajat. Di Linux, saya memiliki Chrome yang mengunci desktop di banyak perayaan. Di macOS, Chrome menghabiskan baterai lebih cepat daripada semua jenis aplikasi lain (dengan pengecualian Final Cut Pro saat menyediakan video).

Masalah ini dibuat rumit. Mengapa? Terutama, browser adalah satu perangkat yang digunakan semua orang. Terlepas dari platform Anda, Anda mengandalkan browser web. Saya akan menganggap untuk mengklaim 90% dari pekerjaan dan juga hiburan rumah yang Anda lakukan pada alat komputasi apa pun menggunakan browser internet. Itu menunjukkan aplikasi umum itu perlu menarik banyak ton. Umumnya, mereka semua melakukannya dengan cukup baik. Setiap browser web yang pernah saya gunakan merender situs dengan baik (meskipun beberapa jauh lebih baik daripada yang lain). Jadi apa masalahnya? Mengapa setiap orang memiliki masalah baik memilih browser yang benar-benar terbaik untuk situasi penggunaan mereka atau pindah ke browser yang berbeda sama sekali?


Singkatnya: pengalaman.

Sebagian besar dari kita memiliki operasi kami. Banyak dari kita sebenarnya telah menyesuaikan alur kerja kita dengan metode tertentu dari browser internet dalam melakukan poin. Sejujurnya, di permukaan, perbedaannya tidak terlalu bagus. Setiap browser menawarkan banyak atribut konvensional yang sama:

  • Bookmark
  • tab
  • Cookie
  • Data tersimpan
  • Menu
  • Addons
  • Opsi konfigurasi
  • Fungsi privasi pribadi
Perbedaan yang paling signifikan adalah bagaimana setiap browser menjalankan atribut ini. Itu di area permukaan ... di mana pengguna tinggal. Saat Anda menggali sedikit lebih dalam dari yang Anda temukan, browser web itu mulai berbeda. Ambil contoh, fakta bahwa ada lima mesin rendering browser web yang aktif:
  • WebKit-- Safari.
  • Blink-- Chrome serta browser web berbasis Chromium (seperti Microsoft Edge, Opera, Brave dan juga Vivaldi).
  • Gecko-- Firefox.
  • Goanna-- Pale Moon dan Basilisk.
  • Aliran-- Aliran browser.

Dari semua browser web yang saya gunakan, yang berbasis WebKit dan juga mesin pembuat Blink tampaknya memiliki masalah terbesar dengan makalah yang lebih panjang di Google Drive. Dan juga bagi saya, itu adalah perhatian besar. Saya bekerja di Google Drive sekitar tujuh hingga 9 jam sehari. Mesin penyedia Blink mana yang memiliki masalah terbesar dengan Google Drive harus mengejutkan, melihat bagaimana keduanya dibuat (dan dikelola) oleh Google.

Tetapi karena tombol saya ke Firefox (di Linux dan juga macOS), saya tidak memiliki satu masalah pun dengan masalah memori. Dan, sangat mengejutkan saya, Firefox bukan lagi vampir baterai di macOS. Sebelum M1 MacBook Pro saya, Firefox menguras pipa yang sangat mungkin untuk hidup dari baterai MacBook Pro 2016 saya. Saat menggunakan Firefox, saya beruntung mendapatkan masa pakai baterai dua hingga 3 jam. Dengan M1 dan juga Firefox 89, daya tahan baterai sama hebatnya dengan saat menggunakan Safari.

Di luar kinerja, rendering, serta masa pakai baterai, saya sangat menyukai apa yang telah dilakukan Mozilla pada antarmuka pengguna Firefox. Hilang sudah kekacauan dan kembung. Sekarang, Firefox adalah peramban yang halus (hampir minimal) yang melebihi semua peramban di desktop dan komputer laptop saya. Saya juga telah memigrasikan default Android saya ke Firefox dan juga benar-benar menganggapnya sebagai peramban seluler yang sangat baik seperti halnya di desktop.

Satu-satunya halangan untuk rencana serangan saya adalah kenyataan bahwa (seperti yang saya bahas sebelumnya) masih ada situs yang tidak beroperasi dengan baik dengan semua jenis browser selain Chrome. Itu mencengangkan. Setiap kali saya melihat sebuah situs web menolak untuk bekerja di browser tertentu, saya segera berpikir bahwa Doc Brown telah berhenti di DeLorean dan juga telah menetapkan pandangannya pada tahun 2001. Tapi ini bukan awal 2000-an, juga bukan perang browser. tua. Meski begitu, suasananya tampak matang untuk bentrokan cepat antara Firefox dan Chrome. Dan juga meskipun Chrome memiliki keuntungan besar dalam pangsa pasar (saat ini Chrome memiliki pangsa pasar 67% di atas persaingan), keadaan efisiensi yang ada tidak mencerminkan popularitas itu.

Jika saya perlu menebak, saya akan menyatakan Google hanya beruntung rata-rata pengguna tidak suka perubahan atau juga tidak mengerti ada opsi yang tersedia. Jika Anda termasuk dalam kategori itu, saya sangat menyarankan Anda menginstal Firefox dan melihat apakah Anda tidak menemukan pengaturan Anda sendiri sebagai default pada semua gadget dan platform Anda.
Frederick Taufan Haloooo, saya frederick taufan, mahasiswa semester 3 Universitas Gadjah Mada. Saya berkuliah di jurusan Elektronika dan Instrumentasi. Kenapa saya membuat blog ini? Saya juga gatau gabut aja sih. Ya semoga klean pada suka sama blog saya oke

Belum ada Komentar untuk "Browser Terbaik Untuk Linux, Mac, dan Windows Bukanlah Google Chrome"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel